Wednesday, December 9, 2015

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol - Hallo sahabat Resep Masakan Sedehana, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Homemade, Artikel Ikan Air Laut, Artikel Olahan Ikan, Artikel Slow Cooker, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol
link : Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol

Baca juga


Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Masa kecil saya di Paron tidak lepas dari pindang ikan. Entah berupa ikan tongkol atau jenis ikan kembung dan tamban yang berduri banyak. Lokasi Paron yang jauh dari lautan membuat ikan laut segar sulit diperoleh. Jikalau di Ngawi ada, itupun dengan harga yang sangat mahal sehingga tidak pernah masuk ke dalam list budget Ibu saya. Dulu, ketika pindang ikan ini pertama kali masuk ke pasar di Paron, rasanya luar biasa asin sehingga lebih mirip ikan asin dibandingkan ikan pindang. Kami yang terbiasa menyantap ikan laut segar setiap hari di Tanjung Pinang tentu saja cukup stress ketika harus membiasakan diri makan berlauk ikan pindang ini.

Sebenarnya rasa asin ini hal yang wajar, mengingat garam telah digunakan beribu-ribu tahun yang lampau di dalam proses pengawetan makanan. Nah ikan pindang yang didatangkan dari daerah pesisir harus menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama sehingga harus mampu bertahan agar tidak mudah busuk di perjalanan. Namun anehnya lambat laun rasa ikan pindang menjadi semakin berkurang asinnya, dan saat ini hanya seperti ikan rebus biasa dengan sedikit rasa asin yang gurih. Kondisi ini sebetulnya patut dicurigai karena bahan pengawet tentunya berperan disini. Bagaimana mungkin ikan dengan kondisi basah mampu bertahan berhari-hari lamanya dengan tampilan tetap fresh serta aroma yang masih baik jika bahan kimia tidak berperan bukan?

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Klik untuk baca selanjutnya...


Demikianlah Artikel Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol

Sekianlah artikel Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol dengan alamat link https://resepmasakan933.blogspot.com/2015/12/resep-homemade-pindang-ikan-tongkol.html
Load disqus comments

0 comments